Cerita Sukses Campaign - Culturo

Support Media Komunitas

image-detail-marketers

vivo CLUB merupakan komunitas smartphone android dari vivo Indonesia yang diekspresikan melalui web forum dan social media. Komunitas ini menjadi wadah diskusi online bagi para pengguna smartphone vivo. vivo CLUB Indonesia mendukung kegiatan komunitas lokal yang dapat saling berbagi serta menginspirasi vivo CLUB Fans melalui platform digital nya yaitu vivoCLUB.id dan Instagram @vivoclub.id.

Meng-convert Aktivitas Komunitas Saat Pandemi Menjadi Web Forum Digital


Keterbatasan aktivitas offline yang disebabkan pandemi COVID-19 membuat program vivo CLUB yang sebelumnya rutin dilakukan dari kampus ke kampus atau komunitas ke komunitas terhambat. vivo CLUB tetap ingin menjangkau member nya dengan mengubah bentuk program menjadi program digital activation, dengan web forum menjadi aset utamanya.


Inovasi tentunya penting sebagai adaptasi atau masa peralihan dari yang sebelumnya offline menjadi online, vivo CLUB membuat sejumlah rangkaian aktivitas.  Aktivasi pertama adalah #AktifkanDisini, yang mengajak para member lama untuk mengaktifkan akun mereka di forum vivo CLUB baru yang sudah dilengkapi berbagai fitur seperti kategorisasi thread berdasarkan interest, chat antar member, poin, referral serta redemption hadiah. Melalui forum digital ini, member vivo CLUB semakin aktif berbagi cerita seputar kehidupan, hobi, lifestyle, kampus ataupun gadget. 


Setelah berhasil mengajak para member sebelumnya untuk bergabung di forum digital, vivo CLUB melanjutkan rangkaian aktivitas lainnya yaitu #IkutvivoCLUBAja dengan tujuan mengajak member baru untuk bergabung dalam forum digital serta aktif untuk membuat thread dengan content yang berkualitas. Rangkaian aktivitas #AktifkanDisini dan #IkutvivoCLUBAja berhasil mendapatkan 1.468 member baru yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. 


Sebagai reward, bagi member yang berhasil mendapat likes dan comment paling banyak, vivo CLUB memberikan sejumlah member benefit seperti 500 poin yang bisa di redeem dengan berbagai hadiah dan berkesempatan mendapatkan Grand Prize HP vivo V20. 


Membangun Engagement dan Kreativitas Member 


Memanfaatkan momentum kejuaraan sepak bola  yang diselenggarakan oleh Uni Sepak Bola Eropa, Culturo membantu vivo CLUB dalam membangun engagement bersama para fans sepak bola, dan membuat campaign #Euro2020 melalui forum vivoclub.id, didukung pula dengan aktivitas di media sosial untuk tipe audiens yang lebih cocok dengan konten foto atau image.


Salah satu  rangkaian aktivitas dari campaign #Euro2020 seperti, #UntukMomenBersama yang 

memperkenalkan beberapa komunitas pecinta sepak bola @ligamamat, @saber.fc dan @noname.fc. Lewat forum vivoclub.id, para member ditantang untuk membuat thread #UntukMomenBersamavivoCLUB dan juga secara aktif memberikan likes, maupun comment di thread lainnya. 


Sebagai meningkatkan diversifikasi member vivo CLUB fans dari berbagai macam latar belakang, Culturo membantu meningkatkan jumlah member untuk vivo CLUB Indonesia dengan melakukan kolaborasi cross-market segmentation bersama Female Daily. Forum gadget citranya lebih banyak ke arah pria, sementara Female Daily merupakan sebuah platform beauty yang membernya kebanyakan wanita. 


Kolaborasi yang dilakukan bersama Female Daily adalah makeup challenge #DailyColorswithvivoV21. Campaign ini berhasil menarik minat lebih dari 400 participant, peserta diminta untuk mengunggah foto kreasi makeup dengan menggunakan warna yang terinspirasi dari produk vivo V21, yaitu ungu dan fuschia. Melalui strategi cross-market segmentation ini vivo CLUB dan Female Daily berhasil mendapatkan audiens yang lebih tinggi diversifikasinya, diharapkan dapat menjadi inspirasi dari brand lain untuk menambah variasi audiens dari segmentasi industri yang berbeda.


Improving branding dan kualitas content di social media serta melakukan community activation 


Sebagai salah satu bentuk brand activation, vivo CLUB terus melakukan kegiatan branding yang bertujuan untuk meningkatkan segmentasi audiens-nya. Tidak hanya komunitas gadget Android, vivo CLUB menggaet member komunitas lain dengan latar belakang yang berbeda dengan membuat segmen #SiBeraniBeda melalui instagram @vivoclub.id. 


Bentuk lainnya brand activation dikala meningkatnya jumlah kasus COVID-19, yang mengakibatkan PPKM kembali diterapkan, Culturo membantu vivo CLUB dengan membuat rangkaian acara #BeraniMenginspirasiTalk yang bertujuan untuk para member bisa tetap produktif dan juga inovatif dengan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. 


Mengundang empat pembicara sesuai passionnya masing - masing. Topik yang diusung antara lain Cara Kreatif Bersosial Media Kala Pandemi, Lulus Virtual, Kerja Virtual,  Tetap Waras Selama Pandemi dan Life Hacks di Dapur. Acara yang dilakukan melalui live instagram @vivoclub.id mendapat banyak viewers dan juga feedback yang baik dari followers. 


Untuk tetap meningkatkan brand awareness ke segmen pecinta makanan atau foodie, Culturo vivo CLUB dalam membuat challange #InspirasiJawara yaitu peserta mengunggah foto makanan andalan di daerahnya  dengan memanfaatkan fitur kamera dari unit handphone vivo v21 5G terbaru. Challenge yang dilakukan lewat social media instagram ini berhasil mendapatkan 2.000.000 impression, 2.690 engagement, 1.622 penambahan followers di Instagram.