Cerita Sukses Campaign - Culturo

PR & Market Research

image-detail-marketers
image-detail-marketers

Tourism Authority of Thailand (TAT) adalah organisasi utama di Thailand yang bertanggung jawab secara khusus untuk pertumbuhan, arah dan pengembangan pariwisata di Thailand, berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand. TAT memiliki banyak cabang kantor di luar negeri,  salah satunya ada di Jakarta, Indonesia. TAT Jakarta atau biasa dikenal sebagai Wisata Thailand bertanggung jawab untuk menginformasikan dan mempromosikan pariwisata Thailand bagi wisatawan Indonesia, sehingga Thailand menjadi destinasi top-of-mind untuk outbound tourist


Pentingnya Data Market dan Jaringan Baru


Sejak 2018, Culturo menjadi konsultan PR dan marketing TAT yang memiliki tugas utama untuk:

  • Memberikan update terkini seluruh informasi terkait kebijakan dan tren pariwisata di Indonesia

  • Menyusun program-program flagship dan rutin bersama mitra, media, influencer dan agensi dengan objective yang spesifik. 

  • Mengembangkan jaringan mitra institusi dan media di Indonesia

 

Culturo rutin menyajikan data traveler inbound maupun outbound, data penerbangan dan kapasitasnya, data perkembangan perilaku perjalanan, perilaku media sosial, maupun aktivitas marketing negara lain melalui riset primer dan sekunder. Pengembangan jaringan mitra terkait pariwisata dan media terus dilakukan untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens (reach) dan meningkatkan jumlah penumpang yang berangkat ke Thailand (pax).


 

Program Pelatihan Travel Agent Sebagai Solusi Saat Pandemi

 

Semenjak pandemi COVID-19, industri pariwisata paling banyak terkena dampaknya. Perjalanan internasional semakin berkurang akibat minimnya jumlah penerbangan, dan ketatnya regulasi traveling untuk masuk Thailand atau keluar dari Indonesia. Culturo mendukung TAT Jakarta menjalankan Online Training Program untuk menambah pengetahuan dan menjaga agar mitra travel agent tetap mendapatkan informasi mengenai destinasi dan regulasi terbaru di Thailand. 

Online Training Program dijalankan secara rutin dari periode 1 hingga 3. Tim content marketing Culturo menyusun modul pembelajaran dalam format teks, infografis dan video, kemudian dikemas dalam platform pelatihan serta kuis aktivasi berhadiah yang menarik untuk para peserta dari mitra travel agent.


Culturo juga membuka 2 nomor customer service untuk rutin memberikan informasi WhatsApp blast kepada ratusan jaringan travel agent. Sejumlah  mitra seperti Garuda Indonesia dan Bukatravel.id juga menyelenggarakan webinar untuk mensosialisasikan informasi terkini regulasi dan tatacara perjalanan ke Thailand, agar dapat memberikan arahan kepada para turis yang sudah tidak sabar ingin bepergian ke Thailand.


Interest-specific Community Campaign


Sejumlah program dilakukan oleh TAT Jakarta untuk meningkatkan ketertarikan traveler berwisata ke Thailand, antara lain dengan berfokus pada komunitas minat tertentu, seperti olahraga. Thailand tidak hanya terkenal dengan destinasi budaya (culture), kuliner, pusat perbelanjaan, tapi juga memiliki sejumlah spot olahraga yang dapat menjadi alternatif destinasi penggemar sepeda, golf, MuayThai, maupun yoga.


Campaign ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat Indonesia destinasi baru di Thailand sesuai hobi olahraga. Kegiatan campaign ini dilakukan melalui Instagram, bekerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL) dan komunitas yang dikenal aktif berolahraga dan memiliki audiens sesuai minatnya, adapun beberapa jenis kegiatan olahraga yang diikutsertakan seperti golf, sepeda, MuayThai dan home workout.

 

Para peserta cukup mudah mengikuti kegiatan campaign ini dengan mengunggah foto maupun video yang relevan dengan masing-masing jenis kegiatan olahraga. Campaign #SportsTourism ini berhasil memberikan hasil sebesar 351,084 impressions, karena berhasil menggandeng macro-influencer yang sangat berpengaruh serta sejumlah komunitas yang memiliki anggota aktif.  

 

Strategi Menghadapi Momentum Travel Recovery


Penyusunan strategi berdasarkan data market, strategi inovatif, serta campaign yang efektif sangat penting bagi company atau institusi yang terkena dampak pandemi agar segera bisa pulih dan memanfaatkan momentum situasi pandemi yang membaik.


Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Culturo memahami audiens di industri pariwisata dan memberikan solusi marketing  untuk mendukung program travel recovery Anda? Yuk jadwalkan diskusi dengan tim Community & Consultant Culturo.